body{display:block; -khtml-user-select:none; -webkit-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; -o-user-select:none; user-select:none; unselectable:on;}

Jumat, 27 Oktober 2017

Tentang Upacara Yang Sebenarnya belum kamu ketahui

        Upacara. Seriap orang pasti tau tentang kata upacara, bahkan orang awam sekalipun memahaminya, sebab dengan upacara seseorang dapat mengembalikan semangat jiwa yang kuat. dan memiliki kepedulian yang tinggi di dalamnya, apalagi seorang Pramuka pastinya hal demikian sudah menjadi sebuah kegiatan awal di setiap pertemuannya.

UPACARA DALAM GERAKAN PRAMUKA


A.      PENDAHULUAN
Gerakan Pramuka sebagai suatu wadah pendidikan non formal di lingkungan ketiga, wajib mengarahkan dan mengatur semua tindakan dan langkahnya  sesuai dengan tujuan pendidikan khususnya tujuan dan sasaran Gerakan Pramuka, sehingga usaha tersebut merupakan proses pendidikan yang meningkat dan berkesinambungan.

1.       Usaha yang merupakan proses pendidikan yang meningkat dan berkelanjutan itu salah satu di antaranya adalah kegiatan upacara untuk melatih disiplin, patuh, tenggang rasa, tanggungjawab, kesadaran nasional dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2.    Agar kegiatan upacara tersebut berfungsi secara tepat guna dan berdaya guna,  dipelikan penataan/pengaturan sesuai dengan prinsip prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan yang pelaksanaanya di sesuaikan dengan keadaan dan kemampuan di satuan masing-masing.

Pengertian Upacara
a.       Upacara adalah serangkaian perbuatan yang ditata dalam sesuatu ketentuan peraturan yang     wajib dilaksanakan dengan khidmat, sehingga merupakan kegiatan yang teratur dan tertib,   untuk membentuk suatu tradisi dan budi pekerti yang baik.

b.     Upacara umum yaitu upacara yang dilakukan untuk kegiatan tertentu dengan menggunakan   peraturan yang berlaku secara umum.

c.     Upacara Pembukaan Latihan dan Upacara Penutupan Latihan yaitu upacara yang dilakukan  dalam rangka melaksankan usaha memulai dan mengakhiri suatu pertemuan di lingkungan  Gerakan Pramuka

d.     Upacara Pelantikan yaitu :
 1)    Upacara yang dilakukan dalam rangka peresmian seorang calon menjadi anggota                     Gerakan Pramuka, sesuai dengan ketentuan berlaku.
2)    Upacara yang dilakukan dalam rangka Pengangkatan Pemegang Jabatan tertentu dalam satuan.

e.   Upacara Kenaikan Tingkat, yaitu upacara yang dilakukan dalam rangka pengesahkan kenaikan tingkat kecakapan umum yang di capai oleh seorang anggota Gerakan Pramuka sesuai dengan syarat kecakapan umum yang berlaku.

f.      Upacara Pindah Golongan, yaitu upacara yang di lakukan dalam rangka pemindahan anggota dari suatu golongan ke golongan lain yang lebih tinggi dalam usia sesuai dengan ketentuan yang berlaku

g. Upacara Meninggalkan Ambalan/Racana, yaitu upacara yang dilakukan dalam rangka mengantar pramuka penegak dan /atau pramuka pandega untuk terjun ke masyarakat dan berbakti secara langsung sesuai dengan bidangnya.

h. Pembina Upacara adalah Pembina dalam upacara yang menerima penghormatan, mengesahkan pelaksanaan upacara dan merupakan pimpinan tertinggi dalam upacara itu.

i.      Pengatur upacara (Protokol) adalah petugas yang menyusun dan mengatur pelaksanaan tertib acara dalam upacara, yang berkewajiban mengendalikan jalannya upacara.

j.       Pemimpin upacara adalah petugas yang memimpin barisan peserta upacara

k.     Pembawa acara adalah petugas yang membaca tertib acara dalam suatu upacara

l.      Peserta upacara adalah satuan-satuan yang berada di bawah pimpinan pimpinan upacara.

m. Petugas upacara adalah orang-orang yang menunaikan tugas tertentu dalam suatu upacara misalnya : pengibar bendera, pembaca Dasa Dharma, pemimpin lagu dan lain-lain

Pelajari Juga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar