body{display:block; -khtml-user-select:none; -webkit-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; -o-user-select:none; user-select:none; unselectable:on;}

Kamis, 26 Oktober 2017

Kepanjangan WOSM dan Sejarahnya

World Organisation Scout Movement yang dikenal dengan singkatan WOSM merupakan salah satu organisasi gerakan Kepanduan terbesar dan satu- satunya di dunia yang menaungi setiap Kepanduan yang ada di dunia. Misi WOSM adalah untuk memberikan kontribusi  pendidikan anak muda, melalui sistem nilai berdasarkan Satya dan Dharmanya untuk membantu membangun dunia yang lebih baik di mana orang mandiri sebagai individu dan memainkan peran konstruktif dalam masyarakat.

Organisasi non provit dan tidak memihak ini beranggotakan lebih dari 30 Juta orang putera dan puteri WOSM hingga saat sekarang ini beranggotakan 161 Organisai Kepanduan mulai dari Aljazair hingga Zimbabwe. Dari 161 Organisasi Kepanduan Nasional tersebut Gerakan Pramuka sebagai Organisasi Kepanduan Indonesia adalah anggotanya. Anggota terbaru WOSM adalah Belarus, bergabung pada tanggal 5 September 2010.
A.        Sejarah Singkat WOSM
Gerakan Kepanduan Dunia (World Organization of Scout Movement-WOSM) merupakan sebuah NGO, sesuai dengan konsititusi WOSM bab II pasal 4 ayat 1 yang menyatakan “The organization of the Scout Movement at world level is governed by this Constitution under the title of ‘The World Organization of the Scout Movement’…, as an independent, nonpolitical, non-governmental organization.”.
WOSM didirikan oleh Lord Robert Stephenson Smyth Baden-Powell (of Gilwell) , 1st Baron 9 (untuk selanjutnya disebut sebagai Baden Powell atau disingkat BP-Penulis) pada tahun 1907.10 Gerakan Kepanduan berangkat dari keprihatinan Baden Powell yang melihat efek negatif dari perang yang membuat banyak keluarga menderita. Tema yang paling sering muncul dalam buku-buku dan pidato-pidato BP adalah ide untuk menjadikan gerakan Kepanduan sebagai Persaudaraan di seluruh dunia, Worldwide Brotherhood. Sebuah organisasi yang mampu menginspirasikan kepada generasi muda untuk menciptakan rasa toleransi, kebersamaan, kesatuan, pengertian, kesetaraan dan keadilan di dunia ini. BP melalui tulisannya dalam buku “Aids to Scoutmastership” menekankan betapa pentingnya nilai persaudaraan, sebuah nilai yang tidak mengindahkan perbedaan kelas, kepercayaan, kewarganegaraan dan warna kulit. BP menulis “Scouting is a brotherhood-ascheme which in practice, disregards differences of class, creed, country and color”

B.        Struktur Organisasi WOSM
WOSM memiliki status konsultatif dengan United Nations Economic and Social Council (Dewan Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa) sejak tahun 1947. Hal ini diakui oleh sebagian besar badan-badan PBB dan pemerintah dan bekerja dalam kerjasama dengan agen lainnya dalam dunia pendidikan dan masyarakat sipil.
Organ WOSM adalah:
World Scout Conference, World Scout Committee, dan The World Scout Bureau.
1.       World Scout Conference
World Scout Conference adalah semacam “sidang umum” dari Pramuka, dan terdiri dari semua anggota Organisasi Pramuka Nasional. Fungsinya adalah untuk mempertimbangkan kebijakan dan standar dari Gerakan Pramuka di seluruh dunia, merumuskan kebijakan umum Organisasi Dunia, dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk memajukan tujuan dari Gerakan Pramuka.  Sebuah Organisasi Pramuka nasional harus memperoleh pengakuan dari World Scout Conference untuk menjadi anggota WOSM-dan hanya ada satu NSO per negara.
Konferensi diadakan setiap tiga tahun sekali. Biasanya komposisi delegasi mencakup delegasi Komisaris Internasional, Pramuka yang bertanggung jawab atas hubungan dengan Scout WOSM dan dengan Organisasi di negara lain. Salah satu fungsi dari Konferensi adalah untuk memilih anggota Komite Pandu Dunia
2.       World Scout Committee
Komite Pandu Dunia adalah badan eksekutif Organisasi Dunia Gerakan Kepanduan. Mereka ini bertanggung jawab atas pelaksanaan resolusi Konferensi Pandu Dunia dan untuk bertindak atas nama Forum diperiode antara konferensi.
3.       The World Scout Bureau
Merupakan sekretariat Biro Kepanduan Dunia, yang memiliki kantor pusat di Jenewa Biro dikelola oleh Sekretaris Jenderal Organisasi Dunia Gerakan Pramuka, yang diangkat oleh World Scout Committee dan juga merupakan Chief Executive Officer Organisasi Pramuka Dunia. Biro Pramuka Dunia terdiri dari Kantor Pusat dan Kantor Regional dan berkantor cabang di enam wilayah: Afrika (Nairobi), Arab (Kairo), Asia-Pasifik (Manila), Eurasia (Kiev), Eropa (Jenewa dan Brussels) dan Interamerica (Panama City)..
Sebagai sekretariat dari Organisasi Dunia, World Biro memiliki sejumlah fungsi yang ditetapkan secara konstitusional.
Membantu Pramuka Dunia dan penyelenggaraan Regional Scout Conference, dan juga World Scout Conference dan mendukung Daerah Komite dan badan-badan pendukung mereka dalam pemenuhan fungsi-fungsi mereka. Pekerjaan ini termasuk persiapan pertemuan dan penyediaan layanan yang diperlukan untuk melaksanakan keputusan dari berbagai badan.
v  Menyediakan layanan untuk kegiatan promosi Pramuka di seluruh dunia.
v  Memelihara hubungan dengan organisasi Pramuka nasional dan membantu mereka mengembangkan Pramuka di negara mereka.
v  Mempromosikan perkembangan Pramuka di negara-negara di mana tidak ada gerakan pramuka.
v  Mengawasi organisasi Internasional dan kegiatan regional Scout seperti jambore dunia dan regional Jamboree.
v  Memelihara hubungan dengan organisasi-organisasi Internasional yang kegiatannya berkaitan dengan masalah-masalah remaja.
Sekjen Pramuka Dunia
Sekjen Biro Pramuka Dunia atau World Scout Bureau saat ini ialah Scott Teare. Ia terpilih dalam sidang komite pramuka sedunia, September 2012. Ia menjabat sejak 1 Januari 2013. Ia adalah anggota Boy Scouts of America (Pramuka AS) dan lulusan Universitas Michigan. Scott Teare menggantikan sekjen sebelumnya, Luc Panissod. Karena jasa dan perjuangannya, ia mendapatkan penghargaan berupa Bronze Wolf Award (penghargaan tertinggi dari WOSM kepada aktivis pramuka dunia)
Badan-badan WOSM
v  World Scout Conference (Konferensi Pramuka Sedunia)
v  World Scout Committee (Komite Pramuka Dunia)
Konferensi Pramuka Sedunia
Adalah sidang umum pramuka yang diikuti oleh wakil dari semua organisasi anggota WOSM. Konferensi ini dilaksanakan setiap 3 tahun sekal. Terakhir kali diselenggarakan adalah yang ke-39 di Curitiba, Brasil, tanggal 10-14 Januari 2011. Sedangkan Konferensi berikutnya akan selenggarakan di Ljubljana, Slovenia, tahun 2014.
Keputusan yang diambil yaitu :
Ø  Pemilihan International Commissioners (Komite Pramuka Dunia),
Ø  Menetapkan negara-negara anggota baru,
Ø  Memilih tempat pelaksanaan event-event pramuka tingkat dunia seperti Jambore Sedunia dan Konferensi Pramuka Sedunia seterusnya.
 World Scout Committee (Komite Pramuka Dunia)
Adalah badan eksekutif WOSM yang bertanggung jawab melaksanakan apa yang dihasilkan di dalam Konferensi Pramuka Sedunia. Komite ini terdiri atas 12 orang dari negara-negara anggota WOSM yang terpilih dalam World Scout Committee (masa jabatan 3 tahun).
Anggota Komite Pramuka Dunia periode 2011 – 2014 :
1
Simon Rhee (Ketua; Korea)
7
Eric Khoo (Malaysia)
2
John May (Wakil Ketua; Inggris)
8
Marcel Ledjou (Pantai Gading)
3
Wahid Labidi (Wakil Ketua; Tunisia)
9
Mari Nakano (Jepang)
4
Karin Ahlbäck (Finlandia)
10
John Neysmith (Kanada)
5
Abdullah Alfahad (Arab Saudi)
11
Daniel Ownby (USA)
6
João Gonçalves (Portugal)
12
Oscar Palmquist (Brazil)

Selain kedua belas anggota tersebut secara ex-officio anggota Komite Pramuka Sedunia ditambah dengan:
1.         Ketua atau Wakil Ketua Komite Pramuka setiap Daerah yang terpilih
2.         Sekretaris Jenderal WOSM (saat ini: Scott Teare dari USA)
3.         Bendahara (dipilih oleh Komite Pramuka Sedunia. Untuk periode ini yang dipilih adalah Maurice Machenbaum dari Swiss)
4.         Seorang anggota Dewan Yayasan Pramuka Dunia

World Scout Bureau (Biro Pramuka Dunia)
Adalah sekretariat WOSM yang bertugas untuk melaksanakan hasil World Scout Conference dan ketetapan World Scout Committee serta menjalankan keorganisasian kepanduan dunia sehari-hari. Dipimpin oleh seorang Sekjen yang dipilih oleh Komite Pramuka Dunia.
Biro Pramuka Dunia didirikan  tahun 1920 di London, Inggris. Pada tahun 1959 berpindah ke Ottawa, Kanada. Sejak tahun 1968 hingga sekarang Biro Pramuka Sedunia berkantor di Jenewa, Swiss.
Biro Pramuka Dunia mempunyai 6 kantor perwakilan yang didasarkan kepada wilayah regional. Keenam wilayah tersebut adalah:
1.         Kawasan Afrika, berkantor di Nairobi, Kenya
2.         Kawasan Arab, berkantor di Kairo, Mesir
3.         Kawasan Asia Pasifik, berkantor di Manila, Filipina
4.         Kawan Eurasia, berkantor Kiev, Ukraina
5.         Kawasan Eropa, berkantor di Jenewa Swiss

6.         Kawasan Inter-Amerika, berkantor di Panama City, Panama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar