body{display:block; -khtml-user-select:none; -webkit-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; -o-user-select:none; user-select:none; unselectable:on;}

Jumat, 24 November 2017

FORUM PRAMUKA

FORUM PRAMUKA SIAGA, PENGGALANG, PENEGAK, PANDEGA

I.            PENDAHULUAN
1.  Forum adalah wadah tempat membicarakan kepentingan bersama persidangan untuk membahas sesuatu perkara atau tukar menukar pemikiran tentang suatu masalah.
2.   Forum Pramuka Siaga/ Penggalang/ negak/ Pandega adalah wadah tempat pembicaraan kepentingan bersama wadah tukar menukar pikiran tentang suatu masalah, atau siding untuk membahas suatu perkara, bias juga merupankan media kegiatan bersama bagi pramuka Siaga/ Penggalang/ negak/ Pandega.
Gambar, sebagai Ilustrasi Forum Pramuka

I.           
MATERI POKOK
1.      Sejalan dengan pokok masalahnya forum pramuka dapat dibedakan menjadi :
a.   Pertemuan Dewan Satuan Pramuka ( Dewan Siaga, Dewan Penggalang, Dewan Penegak dan Dewan Pandega ) dengan acara menyusun rencana kerja, Program Kerja dan Pelaksanaan Kegiatan.

b.   Pertemuan Dewan Kehormatan Satuan (Dewan Kehormatan Penggalang, Dewan Kehormatan Penegak dan Dewan Kehormatan Pandega) dengan acaranya diantaranya : menyidangkan perkara pelanggaran Kode Kehormatan Pramuka oleh anggota persiapan pelantikan anggota, tentang penerimaan anggota atau atau penyelenggaraan Renungan Jiwa.

c.         Pertemuan Besar Pramuka berupa:
1)   Forum Pramuka Siaga disebut Pesta Siaga merupakan kegiatan besar Pramuka Siaga dimana kegiatan ini kegiatan dilakukan diantaranya karnaval gerak dan lagu, melukis bermain kreatif yang diikuti oleh beberapa Satuan Pramuka Siaga.

2)     Forum Pramuka Penggalang, berupa: 
-    Jambore Penggalang, merupakan arena pertemuan besar Pramuka Penggalang
-    Lomba Tingkat Regu Penggalang (LT) LT-1 di tingkat Gugus Depan, LT-2 di   tingkat Kwarran, LT-3 di tingkat Kwarcab, LT-4 di tingkat Kwarda, dan LT-5   di tingkat Kwarnas.

3) Forum Pramuka Penegak dan Pandega, berupa Raimuna merupakan arena pertemuan besar  Pramuka Penegak Pandega.

4) Forum Saka merupakan pertemuan besar Pramuka Penegak Pandega yang berkegiatan pada Saka.

2.     Forum Bakti Pramuka
Forum ini diselenggrakan dalam rangka membina rasa sosial dan menanamkan kesadaran peserta didik bahwa dirinya adalah bagian  dari anggota masyarakat yang saling terjadi ketergantungan satu dengan yang lain. Kegiatan Bakti Masyarakat disesuaikan dengan kemampuan peserta didik sehingga kegiatan bakti masyarakat padat saja dilakukan dengan Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak maupun Pramuka Pandega. Jenis-jenis forum bukti pramuka :

Baca Selanjutnya KLIK DISINI!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar