body{display:block; -khtml-user-select:none; -webkit-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; -o-user-select:none; user-select:none; unselectable:on;}

Selasa, 26 Desember 2017

SYARAT KECAKAPAN UMUM (SKU)

I.   APA SYARAT KECAKAPAN UMUM (SKU) ?


Syarat Kecakapan Umum adalah syarat yang wajib dipenuhi oleh seorang calon anggota Gerakan Pramuka atau seorang Pramuka untuk memperoleh TAnda Kecakapan Umum.

Syarat Kecakapan Umum merupakan salah satu cara penerapan Sistem Tanda Kecakapan sesuai dengan Prinsip-prinsip metodik pendidikan Kepramukaan seperti ditentukan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

Seorang anak/remaja/pemuda yang dalam sukarela ingin menjadi anggota Gerakan Pramuka, pertama-tama memasuki masa calon (tamu) selama satu sampai dua bulan. selama masa calon (tamu) itu yang bersangkutan tidak dibenarkan mengenakan seragam Pramuka (lengkap) dan yang bersangkutan mengikuti proses pendidikan Kepramukaan, latihan-latihan memenuhi syarat kecakapan umum untuk mencapai tingkat pertama sesuai dengan golongan golongan peserta didik. Setelah yang bersangkutan memenuhi SKU (sesuai dengan golongnnya), yang bersangkutan dilantik dalam suatu upacara pelantikan dan diminta secara suka-rela mengucapkan janji pramuka sesuai dengan golongannya (Dwi Satya untuk Siaga, tri satya untuk Penggalang, Penegak dan Pandega). setelah mengucapkan janji Pramuka maka yang bersangkutan menjadi Pramuka dan berhak untuk mengenakan seragam Pramuka (lengkap) dan memperoleh Tanda Anggota Gerakan Pramuka. Tegasnya SKU untuk tingkat pertama bagi masing-masing golongan peserta didik merupakan syarat yang wajib dipenuhi oleh seorang anak/ remaja/pemuda untuk menjadi anggota Gerakan Pramuka.

II.   MENGAPA SKU ?

*   SKU merupakan cara penerapan Sistem Tanda Kecakapan sesuai dengan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan Kepramukaan menurut ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, oleh karena itu harus dilaksanakan dalam Gerakan Pramuka.

*   Keinginan untuk dihargai berupa pujian maupun pemberian benda karena sesuatu hasil karya/prestasi kemahiran itu merupakan sifat manusia, khususnya anak/remaja/pemuda. Penghargaan itu akan merupakan rangsangan dan dorongan bagi seseorang untuk lebih giat berusaha/bekerja. Maka tanda-tanda Kecakapan Umum yang diperoleh seorang Pramuka setelah berusaha menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum merupakan nilai pendidikan yang tinggi bagi anak/remaja/pemuda. dan SKU, pada Para Pramuka mendidik untuk menghargai usaha dan hasil karyanya.
Jelasnya SKU adalah alat pendidikan

SKU, sebagai alat pendidikan, merupakan rangsangan dan dorongan bagi para Pramuka untuk memperoleh kecakapan-kecakapan yang berguna baginya, untuk berusaha mencapai kemajuan, dan untuk memenuhi persyaratan sebagai anggota Gerakan Pramuka.


III.   BAGAIMANA SKU ITU DILAKSANAKAN ?

1.
SKU disusun menurut pembagian golongan usia para Pramuka. Yaitu golongan Siaga (S), golongan Penggalang (G), Golongan Penegak (T) dan golongan Pandega (G).
2.
a.
SKU untuk Pramuka Siaga, terdiri dari 3 tingkat, yaitu :
1).   Tingkat Siaga Mula
2).   Tingkat Siaga Bantu
3).   Tingkat Siaga Tata


b.
SKU untuk Pramuka Penggalang, terdiri dari 3 tingkat, yaitu :
1).   Tingkat Penggalang Ramu
2).   Tingkat Penggalang Rakit
3).   Tingkat Penggalang Terap


c.
SKU untuk Pramuka Penegak, terdiri dari 2 tingkat, yaitu :
1).   Tingkat Penegak Bantara
2).   Tingkat Penegak Laksana


d.
SKU untuk Pramuka Pandega, terdiri dari 1 tingkat saja ialah tingkat pandega.

3.
Pembina Pramuka harus berusaha membantu, berusaha member motivasi, mendorong, agar pramuka tidak terlalu lemah ada dalam/berstatus dimasing-masing tingkat. Karena kalau lupa ada dalam/berstatus di suatu tingkat berarti suatu kemunduran atau kegagalan pendidikan.

4.
a.
Tanda Kecakapan Umum, yaitu dimiliki peserta didik, sesuai dengan situasi dan koindisi menta/fisik kemampuan yang bersangkutan, haruslah terjamin bahwa kecakapan itu cukup dapat di pertanggungjawabkan, oleh karena itu perlua adanya proses penilaian dalam bentuk ujian. Namun demikian harus diperhatikan bahwa ujian itu sangan informal dan dirasakan menarik, menyenangkan dan meningkatkan pengetahuan dan pengalaman peserta didik,

b.
1.
Pengujian SKU adalah Pembina Pramuka atau Pembantu Pembina yang yang langsung membina Pramuka yang di uji.


2.
Namun demikian, Pembina yang bersangkutan dapat meminta orang lain yaitu : anggota atau bukan anggota Geraka Pramuka, untuk menguji peserta didiknya itu.


3.
Khusus mengenai ujian syarat-syarat tentang Satya dan Dharma Pramuka supaya dilakukan sendiri oleh Pembina atau pembantu Pembina Pramuka yang di uji itu.


c.

Dalam menguji, penguji hendaknya :
1)    Berusaha agar proses ujian itu juga dirasakan oleh yang bersangkutan sebagai proses pendidikan yang menyenangkan dan yang meningkatkan pengetahuan dan pengalamannya seta penuh Variasi
2) Memperhatiakan batas-batas kemampuan mental, fisik dan intelegensia Pramuka yang diuji serta jenis kelamin peserat didik.
3)    Perhatikan ihtiar, ketekunan dan kesungguhan yang sudah dijalankan oleh Pramuka yang diuji
4)    Perhatikan adat istiadat dan kebiasaan setempat serta agama yang di anut oleh yang bersangkutan.
5)    Memperhatikan kemampuan dan keselamatan.





d.
Ujian SKU supaya dilakukan secara perseorangan, satu demi satu, tidak secara berkelompok. Mungkin ada mata ujian yang harus dilakukan secara kelompok, misalnya diskusi dan lain-lain, tetapi penilaian tetap dijalankan pada perorangan.


e.
Pelaksanaan ujian SKU dilakukan:


1)
Dengan menguji mata ujian satu demi satu


2)
Dengan urutan mata ujian yang dikehendaki oleh Pramuka yang diuji


3)
Pada waktu waktu yang disepakati bersama antar penguji dan pramuka yang diuji


4)
Sebanyak mungkin dalam bentuk praktek dan secara praktis


f.
Tiap kali seorang Pramuka harus lulus dalam satu mata ujian SKU, maka penguji membubuhkan tandatangannya pada daftar mata ujian milik pramuka yang diuji.


g.
Ujian SKU dapat dilakukan dengan:


1)
Langsung


2)
Tidak langsung, dalam hal ini melalui kegiatan-kegiatan yang tidak diketahui bahwa kegiatan-kegiatan itu merupakan proses ujian. Pramuka mendapatkan kejutan yang menyenangkan ketika Pembina menyatakan bahwa lulus suatu mata ujian SKU.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar