body{display:block; -khtml-user-select:none; -webkit-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; -o-user-select:none; user-select:none; unselectable:on;}

Jumat, 29 Desember 2017

PRINSIP KESUKARELAAN

APA PRINSIP KESUKARELAAN ?

     Prinsip Kesukarelaan adalah salah satu dari prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan menurut ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

     Kesukarelaan Merupakan sikap-sikap atau perbuatan yang bukan karena paksa atau tekanan. Sikap laku itu dilandaskan pada sifat-sifat :
a.   Ketulusan hati
b.   Tanpa pamrih
c.   Mengutamakan kewajiban dari pada hak
d.   Pengabdian
e.   Tanggungjawab

     Prinsip Kesukarelaan dapat mengembangkan kepemimpinan yang bertanggungjawab pada para anggota Gerakan Pramuka.


MENGAPA PRINSIP KESUKARELAAN ?


1.
Diterapkannya prinsip kesukarelaan dalam proses pendidikan kepramukaan karena merupakan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan yang ditetapkan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka adalah landasan hukum Organisasi Gerakan Pramuka  oleh karena itu wajib dilaksanakan dan wajib ditaati oleh setiap anggota Gerakan Pramuka.

2.
a.
Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan non-formal, menyelenggarakan proses pendidikan dalam bentuk kegiatan untuk mengembangkan pada setiap pramuka rasa percaya pada diri sendiri, rasa berkewajiban, rasa bertanggungjawab, rasa disiplin, kecerdasan, keterampilan, kesehatan jasmani, rohani, sehingga setiap Pramuka menjadi anggota masyarakat yang berguna, yang sanggup dan mampu membaktikan diri untuk pembangunan masyarakat


b.
Supaya proses pendidikan dapat masuk masuk pada setiap peserta didik, maka setiap pramuka perlu mengikuti secara aktif semua acara kegiatan. Partisipasi aktif itu akan terjadi kalau tidaka ada paksaan atau tekanan. Melainkan karena kesenangan yang kemudian menumbuhkan kerelaan dalam hati mereka.

3.
a.
Gerakan Pramuka dalah gerakan anak/remaja/pemuda
anak/remaja/pemuda itu bergerak dalam proses pendidikan kepramukaan yang berbentuk kegiatan-kegiatan oleh, untuk dan dipimpin mereka sendiri dibawah tanggungjawab oleh Gerakan proses pendidikan kepramukaan itu akan berhasil mencapai sasaran dan tujuan kalau peserta proses pendidikan itu masing-masing merasakan suasana kekeluargaan yang akrab, dan tertib dalam organisasi Gerakan Pramuka, dalam hubungannya satu sama lain yang dapat menimbulkan suasana kekeluargaan yang akrab dan tertib.


b.
Orang Dewasa dalam Gerakan Pramuka bertanggung jawab atas terlaksananya proses pendidikan kepramukaan dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh, untuk dan dipimpin anak/remaja/pemuda. Agar kegiatan-kegiatan itu dilaksanakan sesuai dengan Prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan, maka orang dewasa harus mampu kegiatan kepramukaan yang mereka rencanakan dan laksanakan.

Prinsip Kesukarelaan di dalam Gerakan Pramuka dilaksanakan dengan maksud untuk menjalin terbukannya jiwa para pramuka menerima pengaruh oleh orang dewasa dalam Gerakan Pramuka.



Baca Juga :

BAGAIMANA PRINSIP KESUKARELAAN DILAKSANAKAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar