body{display:block; -khtml-user-select:none; -webkit-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; -o-user-select:none; user-select:none; unselectable:on;}

Rabu, 20 Desember 2017

PRINSIP SWADAYA

APA SWADAYA DAN PRINSIP SWADAYA?


1.   SWADAYA
Swadaya adalah modal/sifat/sikap hidup manusia wiraswasta yang memiliki jiwa inisiatif dan kemauan kuat, sanggu dan berusaha dengan berdiri diatas kaki sendiri serta tidak menggantungkan diri pada orang lain.

2.   PRINSIP SWADAYA
Prinsip Swadaya adalah salah satu unsur prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan Kepramukaan sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka. Prinsip Swadaya dalam Gerakan Pramuka merupakan prinsip bahwa semua kegiatan itu harus dilaksanakan dengan usaha dan daya upaya sendiri tidak menggantungkan diri pada orang lain.


MENGAPA PRINSIP SWADAYA?
1.
Didalam Gerakan Pramuka harus diterapkan prinsip Swadaya, karena prinsip swadaya merupakan salah satu dari prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan menurut ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumag Tangga merupakan landasan hokum yang harus ditaati oleh setiap anggota Gerakan Pramuka dan satuan-satuan Pramuka.

2.
Gerakan Pramuka menyelenggarakan pendidikan kepramukaan dalam bentuk acara-acara kegiatan untuk mengembangkan rasa percaya diri sendiri, rasa berkewajiban, rasa bertanggungjawab, dan rasa disiplin. Rasa percaya pada diri sendiri itu berkembang kalau Pramuka itu bias dan berhasil melaksanakan berbagai kegiatan dengan berdiri diatas kaki sendiri dan tidak menggantungkan diri pada orang lain. Prinsip swadaya yang diterapkan dalam berbagai kegiatan baik perorangan maupun satuan/kelompok merupakan cara membina dan mengembangkan rasa percaya pada diri sendiri.

3.
Para Pramuka itu disiapkan untuk menjadi manusia swasta yang memiliki inisiatif dan kemampuan kuat yang sanggup dan hidup berusaha dengan berdiri di atas kaki sendiri serta tidak menggantungkan diri pada orang lain. Latihan swadaya merupakan cara yang baik untuk membina dan mengembangkan jiwa wiraswasta. Negara dan Bangsa Indonesia sangat memerlukan wiraswasta.

4.
Pendidikan Kepramukaan bagi anak/remaja/pemuda adalah untuk meyiapkan mereka hidup dalam dunia yang penuh tantangan dan memerlukan keuletan serta ketabahan mental dan fisik.

Dengan Prinsip swadaya, maka Pramuka dibiasakan untuk tidak hidup menggantungkan diri pada orang lain yang dengan sendirinya akan tambah rasa kepercayaan pada diri sendiri dengan tumbuhnya rasa kepercayaan pada diri sendiri, selanjutnya tumbuh kemauan-kemauan baru, kemauan untuk membina, untuk menciptakan melaksanakan, menerapkan sesuatu.

BAGAIMANA PRINSIP SWADAYA DILAKSANAKAN?

1.
Dalam menyelenggarakan kegiatan kepramukaan baik perorangan maupun kelompok supaya dibiasakan para Pramuka itu merencanakan, melaksanakan dan menilai kegiatan-kegiatan itu. Pembina Pramuka juga berburu-buru konklusi untuk kemudian mengambil alih atau member nasihat-nasihat muluk serta melakukan berbagai larangan, karena taut adanya kesalahan. Kesalahan merupakan guru yang baik. Karena pramuka supaya berusaha menjadi motivator/pendorong yang baik didalam contoh pelaksanaan swadaya, bantuan Majelis Pembimbing bukanlah untuk melemahkan prinsip itu.

2.
Ujian Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK) supaya diterapkan prinsip swadaya. Dengan demikian itu, Pembian Pramuka mendorong para Pramuka untuk percaya pada diri sendiri.

3.
Latihan-latihan dengan menghadapkan para Pramuka pada masalah-masalah untuk dipercayakan, merupakan penerapan prinsip swadaya.
Pembina Pramuka supaya selalu mendorong para pramuka untuk dapat memecahkan sendiri masalah-masalah yang dihadapi.

4.
Sesuai dengan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan, penerapan prinsip swadaya itu harus selalu di sesuaikan dengan usia, situasi dan kondisi Pramuka yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar