I.
PENDAHULUAN
Kegiatan
adalah proses memperkenalkan, menumbuhkan, membimbing, dan mengembangkan :
a.
Kepribadian
b.
Pengetahuan dan ketrampilan
c.
Keinginan, kebutuhan serta
kemampuan
Dalam
mencapai tujuan sehingga terbentuk manusia yang kreatif, inovatif, pelopor dan
mandiri.
II. MATERI POKOK
1.
Program Kegiatan Peserta Didik
disebut Prodik (Youth Programme) ialah keseluruhan (totalitas) dari apa yang
dilakukan Peserta Didik dalam Pendidikan Kepramukaan, bagaimana aktifitas itu dilaksanakan
(metode) dan alas an mengapa aktivitas itu dilaksanakan (tujuan)
Untuk
selanjutnya unsur-unsur Prodik terurai sebagai berikut :
a. Totalitas : Meliputi seluruh kegiatan dan
pengalaman peserta didik dalam Gerakan Pramuka; merupakan suatu proses
progresifpendidikan dan perkembangan pribadi.
b. Apa : mencakup semua aktivitas yang diikuti peserta
didik, aktifitas tersebut harus menarik dan menantang peserta didik/ kaum muda.
c. Bagaimana : aktivitas itu dilaksanakna dengan Prinsip Dasar Pendidikan Kepramukaan dan metode pendidikan Kepramukaan serta Sistem Among
d. Mengapa : merupakan alat untuk mencapai tujuan
pendidikan kepramukaan yang berdasarkan Prinsip Dasar Pendidikan Kepramukaan.
2. Cara menyusun Prodik
a.
Pembina Pramuka menghimpun
berbagai macam kegiatan yang diinginkan atau dikehendaki oleh peserta didik
b.
Pembian bersama peserta
didik menyusun jadwal kegiatan dengan materi yang sudah disepakati (bias menjadi
materi 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan dst).
c.
Pembina meramu materi
kegiatan sesuai dengan sasaran strategik Gerakan Pramuka, Prinsip Dasar
Pendidikan Kepramukaan Metode Pendidikan Kepramukaan dan Kode Kehormatan
Pramukaserta dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat; menjadi
kegiatan-kegiatan yang menarik dan menantang, yang siap untuk disajikan.
3. Sasaran Stratigik Gerakan
Pramuka
a.
Sikap Moral Pancasila
-
Penghayatan dan pengamalan
Kode Kehormatan Pramuka.
b.
Ketrampilan Manajerial
-
Kepemimpinan
-
Manajemen Satuan
-
Sumber Insani (Human
relation).
-
Kehumasan (Public
relation).
c.
Keterampilan Tekhnologi.
4. Cara melaksanakan Prodik
a.
Pembina menciptakan suasana
bekerja secara kemitraan dengan peserta didik dalam melaksanakan Prodik.
b.
Prodik yang bermutu menarik
peserta didik dan kaum muda, serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat akan
mendorong kaum mudalainnya untuk berpartisipasi dalam Gerakan Pramuka.
c.
Prodik dilaksanakan sesuai
dengan ketentuan dan didukung peralatan yang sesuai dan memadai
d.
Prodik bernuansa baru
(selalu mengikuti trend dan perkembangan kebutuhan kaum muda dan
masyarakat), bermanfaan dan taat pada Kode Kehormatan Pramuka.
III. PENUTUP
1.
Dengan adanya Prodik,
berarti:
a.
Kegiatan pendidikan
kepramukaan selalu mengikuti perkembangan jaman;
b.
Kegiatan pendidikan
kepramukaan selalu menarik menyenangkan dan menantang sejalan dengan kegiatan
yang sedang menjadi kegemaran peserta didik;
c.
Kegiatannya bermanfaat bagi
peserta didik;
d.
Keterlibatan peserta didik
dalam kegiatan sangat baik karena kegiatannya berniali kreatif dan rekreatif;
2.
Dengan melibatkan peserta
didik dalam menyusun Prodik, peserta didik di perankan sebagai subjek pendidik,
sehingga program yang tersjikan dilaksanakan sesuai dengan keinginan dan
kebutuhan mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar