body{display:block; -khtml-user-select:none; -webkit-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; -o-user-select:none; user-select:none; unselectable:on;}

Senin, 04 Desember 2017

PROGRAM KEGIATAN PESERTA DIDIK (PRODIK)

I.              PENDAHULUAN
Kegiatan adalah proses memperkenalkan, menumbuhkan, membimbing, dan mengembangkan :
a.       Kepribadian
b.      Pengetahuan dan ketrampilan
c.       Keinginan, kebutuhan serta kemampuan
Dalam mencapai tujuan sehingga terbentuk manusia yang kreatif, inovatif, pelopor dan mandiri.



II.           MATERI POKOK
1.       Program Kegiatan Peserta Didik disebut Prodik (Youth Programme) ialah keseluruhan (totalitas) dari apa yang dilakukan Peserta Didik dalam Pendidikan Kepramukaan, bagaimana aktifitas itu dilaksanakan (metode) dan alas an mengapa aktivitas itu dilaksanakan (tujuan)
Untuk selanjutnya unsur-unsur Prodik terurai sebagai berikut :
a.    Totalitas       : Meliputi seluruh kegiatan dan pengalaman peserta didik dalam Gerakan  Pramuka; merupakan suatu proses progresifpendidikan dan perkembangan pribadi.
b.   Apa              : mencakup semua aktivitas yang diikuti peserta didik, aktifitas tersebut harus menarik dan menantang peserta didik/ kaum muda.
c.    Bagaimana   : aktivitas itu dilaksanakna  dengan Prinsip Dasar Pendidikan Kepramukaan  dan metode pendidikan Kepramukaan serta Sistem Among
d.   Mengapa      : merupakan alat untuk mencapai tujuan pendidikan kepramukaan yang berdasarkan Prinsip Dasar Pendidikan Kepramukaan.

2.     Cara menyusun Prodik
a.       Pembina Pramuka menghimpun berbagai macam kegiatan yang diinginkan atau dikehendaki oleh peserta didik
b.      Pembian bersama peserta didik menyusun jadwal kegiatan dengan materi yang sudah disepakati (bias menjadi materi 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan dst).
c.       Pembina meramu materi kegiatan sesuai dengan sasaran strategik Gerakan Pramuka, Prinsip Dasar Pendidikan Kepramukaan Metode Pendidikan Kepramukaan dan Kode Kehormatan Pramukaserta dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat; menjadi kegiatan-kegiatan yang menarik dan menantang, yang siap untuk disajikan.

3.     Sasaran Stratigik Gerakan Pramuka
a.       Sikap Moral Pancasila
-          Penghayatan dan pengamalan Kode Kehormatan Pramuka.
b.      Ketrampilan Manajerial
-          Kepemimpinan
-          Manajemen Satuan
-          Sumber Insani (Human relation).
-          Kehumasan (Public relation).
c.       Keterampilan Tekhnologi.

4.     Cara melaksanakan Prodik
a.       Pembina menciptakan suasana bekerja secara kemitraan dengan peserta didik dalam melaksanakan Prodik.
b.      Prodik yang bermutu menarik peserta didik dan kaum muda, serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat akan mendorong kaum mudalainnya untuk berpartisipasi dalam Gerakan Pramuka.
c.       Prodik dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan didukung peralatan yang sesuai dan memadai
d.      Prodik bernuansa baru (selalu mengikuti trend dan perkembangan kebutuhan kaum muda dan masyarakat), bermanfaan dan taat pada Kode Kehormatan Pramuka.

III.          PENUTUP
1.       Dengan adanya Prodik, berarti:
a.       Kegiatan pendidikan kepramukaan selalu mengikuti perkembangan jaman;
b.      Kegiatan pendidikan kepramukaan selalu menarik menyenangkan dan menantang sejalan dengan kegiatan yang sedang menjadi kegemaran peserta didik;
c.       Kegiatannya bermanfaat bagi peserta didik;
d.      Keterlibatan peserta didik dalam kegiatan sangat baik karena kegiatannya berniali kreatif dan rekreatif;
2.       Dengan melibatkan peserta didik dalam menyusun Prodik, peserta didik di perankan sebagai subjek pendidik, sehingga program yang tersjikan dilaksanakan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar