body{display:block; -khtml-user-select:none; -webkit-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; -o-user-select:none; user-select:none; unselectable:on;}

Sabtu, 11 November 2017

EMPAT SEHAT LIMA SEMPURNA + Grafik

BAHAN MAKANAN YANG BERGIZI



        1.      Makanan Pokok (Sehat)
Yang termasuk makanan pokok yang menjadi bagian dari 4 sehat 5 sempurna ? berikut adalah contohnya :
·         Nasi
KANDUNGAN:
Nasi putih adalah sumber karbohidrat utama yang menjadi makanan pokok di banyak negara, terutama Indonesia. Dalam satu porsi nasi putih seukuran mangkok (180 gram), setidaknya terkandung 50 gram karbohidrat.
Meski kadarnya tinggi, karbohidrat dalam nasi putih lebih banyak terdiri dari gula dan pati, ketimbang serat. Hal ini tentu harus menjadi perhatian bagi penderita diabetes dalam mengatur porsi nasi putih yang akan dikonsumsi.

Selain karbohidrat, nutirisi lain yang terkandung dalam nasi putih antara lain vitamin B1, B2, B3, B6, protein, zat besi, fosfor, selenium, mangan, dan magnesium.
FUNGSI
Karbohidrat pada nasi putih memiliki peran penting dalam memberikan energi bagi tubuh. Ketika Anda mengonsumsi nasi putih, karbohidrat di dalamnya akan dipecah menjadi glukosa, yang kemudian akan diserap dan masuk ke aliran darah. Glukosa ini akan diedarkan ke seluruh tubuh sebagai bahan bakar, terutama bagi otak.
Selain sebagai sumber energi, manfaat nasi putih juga bisa didapatkan dari kandungan nutrisinya yang lain, yaitu:
  • Vitamin B1 (tiamin), untuk membantu metabolisme karbohidrat.
  • Magnesium, sebagai komponen penting dalam membentuk struktur tulang dan mengatur kontraksi otot.
  • Mangan, untuk membantu kerja otak, sistem saraf, dan enzim-enzim di dalam tubuh.  sumber https://www.alodokter.com
·         Jagung
KANDUNGAN:
Manfaat jagung untuk kesehatan dapat ditelaah dari kandungan nutrisinya. Jagung mengandung beragam nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, dan sejumlah vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh.
Vitamin yang terdapat pada jagung manis antara lain folat, vitamin A, vitamin, C, dan vitamin B. Sedangkan mineral yang banyak terdapat pada pop corn antara lain mangan, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, magnesium, seng, dan tembaga. Jagung juga mengandung lemak dalam jumlah sedikit, namun jenis lemak ini adalah lemak baik.
Sedangkan minyak jagung mengandung sejumlah vitamin E, ubiquinone (coenzyme Q10), dan fitosterol yang dipercaya memberi pengaruh baik pada kadar kolesterol di tubuh Anda.
Apapun olahannya, jagung mengandung sejumlah senyawa bioaktif yang diyakini memberi manfaat untuk kesehatan tubuh. Dibanding asupan biji-bijian lainnya, jagung mengandung lebih banyak antioksidan, seperti asam ferulat, phytic acid, zat antosianin yang memengaruhi warna jagung menjadi merah atau biru dan ungu, serta zat zeaxanthin dan lutein yakni karotenoid yang baik untuk kesehatan mata.

Apabila Anda ingin mendapatkan manfaat jagung, pastikan untuk memeriksa kandungan tambahan terutama pada produk jagung yang sudah diolah. Pastikan membaca kemasan produk olahan jagung untuk mempertimbangkan bahan tambahan yang digunakan.
MANFAAT :
  • Mengatasi konstipasi
Untuk mengatasi sembelit atau konstipasi, ada beberapa hal yang perlu dilakukan yaitu perbanyak aktivitas fisik (olahraga), minum air putih, dan perbaiki pola makan. Makanan yang harus masuk ke sistem pencernaan kita saat mengalami konstipasi, diutamakan yang mengandung banyak serat. Makanan jenis ini merupakan obat pencahar alami yang baik untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan tersebut. Salah satu makanan yang direkomendasikan adalah jagung.
·         Sagu
·         Singkong, kentang, atau umbi-umbian
·         Gandum

2.      Lauk Pauk (sehat)

       Kategori makanan 4 sehat 5 sempurna selanjutnya adalah lauk pauk, contoh lauk pauk :
·         Daging : Ayam, sapi, kambing, ikan, dan bebek
·         Telur
·         Tahu tempe

3.   Sayur-sayuran (sehat)
4.   Buah-buahan (sehat) dan
5.   susu (sehat)

Grafik Keadaan Gizi
1.      Anak LAKI-LAKI Indonesia  Tinggi Badan 140 – 166 Cm


2.      Anak PEREMPUAN Indonesia  Tinggi Badan 144 – 158 Cm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar