body{display:block; -khtml-user-select:none; -webkit-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; -o-user-select:none; user-select:none; unselectable:on;}

Senin, 27 November 2017

SATUAN KARYA PRAMUKA (SAKA)

I.         PENDAHULUAN
      Gerakan Pramuka bertujuan mempersembahkan kepada bangsa dan Negara Indonesia kader bangsa sebagai kader pembangunan yang bermoral pancasila. Untuk itu proses pendidikn progresif sepanjang hayat bagi anggota muda Gerakan Pramuka dalam abad ke 21 guna mencpai tujuan tersebut difokuskan pada ketahanan mental, moral, fisik, emosional, intlektual, iptek dan social peserta didik baik sebagai indifidu maupun anggota masyrakat. Ketangguhan iptek/Teknologi dan Gerakan Pramuka dibina dn dikmbangkan dalam satuan khusus yaitu satuan karya Pramuka (Saka).

    Saka di lingkungan World Scouting disebut Scout Service Brigade, merupakan wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, ketrampilan dan pengalaman Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam berbagai bidang kejuruan / Tehnologi. Saka memotifasi mereka untuk melaksanakan kegiatan karya nyata dan produktif sehingga dapat member bekal bagi kehidupan dan pengabdiannya kepada masyarakat, banga dan Negara sesuai dengan aspirasi pemuda Indonesia dan tuntutan perkembangan pembangunan dalam rangka peningkatan ketahanan nasional.


II.       MATERI POKOK
1.     Tujuan dan Sasaran Saka
a.        Tujuan dibentuknya saka bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega adalah pemantapan ketahanan dan ketangguhan mental, moral, fisik, intelektual,emosional dan khususnya teknologi, sehingga mereka benar-benar siap sebagai kader bangsa, sekaligus sebagai kader pambangunan yang bermoral pancasila.

b.        Sasaran dibentuknya Saka Pramuka bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega adalah memberi bekal agar memiliki :
1)         Ketahanan dan ketangguhan mental, moral, fisik, emosional, intelektual dan sosial untuk menghadapi tantangan hidup di abad ke 21.

2)         Keterampilan menerapkan iptek praktis untuk hidup dalam belantara kehidupan abad ke  21, secara mandiri berani dan bertanggung jawab.

3)         Keterampilan untuk berwirausaha.

2.      Pembentukan Saka
a.           Saka dapat dibentuk jika :
1)          10 (sepuluh) orang Pramuka Penegak/Pandega putra atau 10 (sepuluh) Pramuka Penegak/Pandega putrid, mempunyai minat dalam bidang yang sama, bersepakat untuk membentuk Saka yang sesuai dengan bidang yang diminatinya.

2)           Gugusdepan, dimana para PramukaPenegak/Pandengyang bersepakat tersebut diatas menjadi anggota, berdekatan dan ada dalam satu wilayah Cabang atau Ranting.

3)           Para Pramuka Pengaka /Pandega Pendiri tersebut mempunya calon Pembina Pramuka Penegak atau Pembina Pramuka Pandega yang berminat dan berkompetan atas bidang yang menjadi minat para pendiri Saka.

4)           Masyarakat sekitar tersebutmendukung berdirinya saka dan bersedia untuk menjadi anggota Majlis Pembimbing Saka.

Baca Juga KEDUDUKAN SAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar