body{display:block; -khtml-user-select:none; -webkit-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; -o-user-select:none; user-select:none; unselectable:on;}

Jumat, 03 November 2017

SISTEM SATUAN TERPISAH

I.     APA SISTEM SATUAN TERPISAH ?

1.        Sistem satuan terpisah, lengkap sitem satuan-satuan terpisah untuk anggota-anggota putera dan untuk anggota-anggota puteri, adalah salah satu prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan menurut ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka

2.        Sistem satuan terpisah adalah :
a.       Memisahkan antara satuan pramuka puteri dan satuan pramuka putera;
b.      Satuan pramuka putera dibina oleh Pembina pria dan satuan pramuka puteri dibina oleh Pembina wanita.
c.       Perindukan pramuka siaga putera dikecualikan dapat dapat dibina oleh Pembina pria maupun oleh Pembina wanita


II.    MENGAPA SISTEM SATUAN TERPISAH?

1.         Diterapkannya sistem satuan terpisah karena merupakan ketentuan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan yang diterapkan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga adalah landasan hukum organisasi. Gerakan Pramuka oleh karena itu wajib dilaksanaan dan ditaati oleh setiap anggota Gerakan Pramuka.

2.         Gerakan pramuka menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi anak remaja, pemuda baik putera maupun puteri, setiap anggota Gerakan Pramuka harus mengalami dan merasakan proses pendidikan kepramukaan itu, oleh karena itu semua kegiatan harus dilaksanakan sesuai dengan jenis  peserta didik. Kegiatan puteri berbeda dari kegiatan putera. Dengan satuan terpisah antara satuan putera dan satuan puteri, maka proses pendidikan bagi masing-masing peserta didik menjadi lebih intensif dan efektif.

3.         Pembinaan kejiwaan akan juga lebih intensif dan efektif jika untuk puteri dilaksanakan dalam satuan puteri dan untuk putera dilaksanakan dalam satuan putera, sesuai dengan kodratnya.

4.         Gerakan pramuka melaksanakan pendidikan watak secara individual oleh karena itu perlu diterapkan prinsip satuan terpisah.

III.  BAGAIMANA SISTEM TERPISAH DILAKSANAKAN

1.      Gugusdepan putera dan Gugusdepan puteri terpisah , Gugusdepan putera dibina oleh Pembina-pembina pria dan Gugusdepan puteri dibina oleh Pembina-pembina wanita.

2.      Penyelenggaraan kegiatan kepramukaan dilaksanakan secara terpisah antara putera dan puteri. Bila perlu, dengan persetujuan majelis pembimbing yang bersangkutan. Dapat diadakan acara kegiatan bersama antara satuan-satuan puteri dan putera.

3.      Jika kegiatan bersama itu diselenggarakan dalam bentuk perkemahan maka harus dijaga agar tempat perkemahan putera dan perkemahan  puteri terpisah dan berjauhan letaknya, perkemahan putera dipimpin oleh Pembina-pembina pramuka pria dan perkemahan puteri dipimpin oleh Pembina-pembina pramuka wanita.

IV.   MAKSUD DAN TUJUAN SISTEM SATUAN TERPISAH

1.      Maksud penerapan sistem satuan terpisah adalah untuk melaksanakan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan sesuai dengan ketentuan-ketentuan Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.

2.      Tujuan diterapkan sistem satuan terpisah ialah agar proses pendidikan kepramukaan untuk masing-masing jenis peserta didik lebih intensif dan lebih efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar