body{display:block; -khtml-user-select:none; -webkit-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; -o-user-select:none; user-select:none; unselectable:on;}

Kamis, 26 Oktober 2017

ISTILAH KIASAN PRAMUKA SIAGA, PENGGALANG, PENEGAK DAN PANDEGA

1.       SIAGA
Tanggal 20 Mei 1908 adalah dimulainya perjuangan baru, perjuangan mensiagakan rakyat, maka masa itu dapat kita namakan masa Siaga. Pramuka Siaga adalah anak didik yang berusia 7 s/d 10 tahun, istilah siaga dapat di tambahkan dengan Siaga Mula, Siaga Bantu, Siaga Tata. Satuan kecil untuk siaga disebut Barung (tempat penjaga ramuan bangunan) satuan beberapa barung dinamakan perindukan (tempat dimana cucu berkumpul).
2.       PENGGALANG
Pada tanggal 28 Oktober 1928, dengan sumpah pemuda, diletakan dasar penggalangan persatuan dan kesatuan, maka ini dapat kita namakan Penggalang. Pramuka Penggalang adalah anak didik yang berusia 11 s/d 15 tahun. Istilah penggalang dapat ditambah dengan Penggalang Ramu, Penggalang Rakit, Penggalang Terap. Satuan kecil dari Penggalang di sebut Regu (gardu, pangkalan untuk meronda) satuan beberapa regu dinamakan Pasukan (tempat suku berkumpul).
3.       PENEGAK
Pada Tanggal 17 Agustus 1945 ditegakannya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Masa ini dapat kita namakan masa menegakan. Pramuka Penegak adalah anak didik yang berusia 16 s/d 20 tahun. Istilah penegak dapat di tambahdengan Penegak Bantara dan Penegak Laksana. Satuan kecil dari Penegak disebut Sangga (rumah kecil untuk orang yan di beri tanggung jawab menggarap sawah atau ladang).
4.       PANDEGA

Yang memandegani pelaksanaan pembangunan, dalam rangka membina bangsa dan Negara kita. Terutama pemimpin-pemimpin yang dapat diandalkan. Pramuka Pandega adalah peserta didik yang berusia 21 s/d 25 tahun. Satuan kecil dari pandega di sebut Reka, dan beberapa Reka disebut Racana (Pondasi alas tiang umpak atap).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar