body{display:block; -khtml-user-select:none; -webkit-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; -o-user-select:none; user-select:none; unselectable:on;}

Kamis, 26 Oktober 2017

Tentang Pramuka Penggalang

Anggota Pramuka yang berusia 11 – 15 tahun dinamakan “PENGGALANG” anak penggalang adalah pada masa meninggalkan masa kanak-kanan memasuki taraf persiapan pemuda remaja. Dlam taraf perkembangan ini akan mulai dapat membedakan hal yang baik dan buruk, dan memiliki norma-norma dan nilai-nilai social yang cocok baginya, misalnya cara berpakaian, berhias, tingkah laku dsb. Anak penggalang merindukan kebebasan dan merasa senang kalau di beri tanggung jawabdan di perlakukan seperti pemuda dewasa. Hidup berkelompok merupakan hal yang wajar dan menarik bagi anak, maka ini perlu disalurkan kegiatan-kegiatan regu.
Metode yang tepat dalam membina penggalang itu member kesempatan kepada anak-anak untuk melakukan kegiatan sendiri, dengan membimbing agar :
a.         Anak memiliki sikap selalu sedia untuk menolong orang lain dan menggalang pembangunan
b.        Tertib dan disiplin dalam menjalankan kewajibanya
c.         Mengembangkan sikap-sikap kepahlawanannyadan jiwa ksatria
Para Pembina penggalang perlu sekali member contoh pribadi karena anak penggalang suka meniru dan mencontohkan sikap dan tingkah laku orang lain, terutama orang-orang dewasa yang di sanjungi.
Membina penggalng tidak cukup dengan cerita tetapi juga perlu menghayati sendiri misalnya dengan
a.         Bermain sandiwara Khususnya yang bertemakan kepahlawanan
b.        Menimbulkan semangat berkobar dan rasa harga diri


Tidak ada komentar:

Posting Komentar