Ø
REBUT DAN RAMPAS
Peralatan : Tongkat atau sapu lidi untuk tiap anak
Jumlah pemain : Bebas
Waktu : 10 menit
Tujuan : Melatih kecekatan & Melatih kesetiakawanan
Jumlah pemain : Bebas
Waktu : 10 menit
Tujuan : Melatih kecekatan & Melatih kesetiakawanan
Unsur
hiburan
Semua anak membentuk lingkaran dengan
jarak kira-kira 1 meter. Semakin ahli, jaraknya dapat semakin jauh. Tiap anak
memegang tongkatnya hingga berdiri tegak di lantai. Bila ada perintah “ya” tiap
anak harus melepaskan tongkatnya dan cepat-cepat menangkap tongkat teman di
sebelah kanannya. Bila tongkat itu sudah keburu jatuh, maka ia dikeluarkan.
Permainan ini sangat menyenangkan dan
dapat bervariasi. Jarak antar anak dapat diperbesar bila anak-anak sudah mampu,
perintah dapat berupa “kiri” atau “kanan”. Bila ingin permainan lebil lama,
maka setelah jatuh 3 kali baru dikeluarkan.
Ø
PETANI DAN PENCURI
Peralatan : Karet gelang atau tali, kantong kacang, atau
potongan kain atau agar
kelihatan
sungguhan, sebuah apel.
Jumlah pemain : bebas
Waktu : 8-10 menit
Tujuan : Melatih kecepatan
Jumlah pemain : bebas
Waktu : 8-10 menit
Tujuan : Melatih kecepatan
Unsur hiburan
Anak-anak membentuk lingkaran dan
seorang anak, yang jadi pencuri disuruh keluar ruangan. Selagi ia diluar,
seorang anak ditunjuk sebagai petani. Sebuah benda ditaruh di tengah lingkaran.
Pencuri tadi datang dan berjalan diluar lingkaran. Ia boleh memasuki lingkaran
dari mana saja dan mencuri benda itu. Petani harus menangkapnya pada saat pencuri
menyentuh benda tersebut. Pencuri itu harus lari keluar dari lingkaran lewat
jalan masuk tadi dan ia selamat bila ia dapat keluar tanpa tertangkap. Bila ia
tertangkap maka petani itu harus jadi pencuri dan dipilih petani baru.
Ø
ARUNG JERAM
Tujuan :
·
Kerja sama tim.
·
Kekompakan regu.
·
Yang kuat membantu yang lemah.
·
Menetapkan bersama trategi manajemen
secara tepat.
·
Menempatkan diri saat bertindak/
menjalankan tugas.
Alat :
·
Tali besar ( diameter 4-5 cm/ seukuran
tali Perahu ).( panjang tali sesuaikan dengan anggota regu yang bermain. )
·
Kedua ujung tali di ikat dengan kuat.
Pelaksanan :
·
Semua anggota regu duduk melingkar
dengan kedua kaki menjulur (selonjor) ke dalam lingkaran.
·
Tiap anggota regu kedua tangannya
memegang tali, jarak antar anggota regu 0,5 – 1 meter. Jarak semakin rapat
semakin baik.
Peraturan :
·
Semua anggota regu berupaya untuk
berdiri secara bersama-sama.
·
Saat mencoba berdiri, kedua kaki/ lutut
tidak boleh ditekuk ( Tetap Lurus )
·
Setelah dapat berdiri bersama, kemudian
berupaya duduk bersama kembali.
·
Diupayakan jangan ada peserta yang
terjatuh.
Ø
STICK GOYANG
Tujuan :
- Menjalin Kerja
sama dan toleransi antar anggota.
- Belajar saat
menerima dan kapan harus memberikan kesempatan kepada yang lain.
- Berlatih
menghadapi segala rintangan atas asas kebersamaan.
Alat :
- Tali Pramuka/
boleh rafia. Sejumlah peserta.
- Tongkat/ Balok/
papan kayu/ Bambu . Panjang ( 2- 3 meter ) Diameter bebas.
- Aneka Halang
rintang.
Pelaksanaan :
- Tiap anggota
regu berhak memegangi utas tali . boleh sebelah kanan atau kiri
- Ditengah tarikan
utas tali, diletakkan balok/ bambu dengan tali dalam kondisi kencang.
- Regu Menempuh
suatu perjalanan penuh rintangan dengan jarak bebas.
- Regu dengan
waktu tempuh tercepat dan balok/ bambu tidak pernah jatuh itulah yang
terbaik
- Rintangan dapat
dibuat sedemikian rupa, sehingga perjalanan membawa balok/ bambu nampak
penuh tantangan. ( Melebar, menyempit, lompat, naik dan turun)
Ø
BAUT BARISAN
Tujuan :
Agar
seluruh peserta bisa berkenalan lebih jauh, fisik maupun sifat-sifat mereka,
sekaligus melatih mereka bekerjasama dalam kelompok.
Langkah-langkah
:
· Peserta di bagi dalam
2 kelompok yang sama banyak (bila jumlah peserta ganjil, seorang pemandu bisa
masuk ke dalam salah 1 kelompok).
·
Pemandu menjelaskan aturan permainan
sebagai berikut :
1. Kedua keompok akan
berlomba menyusun barisan. Barisan disusun berdasarkan aba-aba pemandu :tinggi
badan, panjang rambut, usia dst.
2. Pemandu akan
menghitung sampai 10, kemudian kedua kelompok, selesai atau belum, harus
jongkok.
3. Setiap kelompok
secara bergantian memeriksa apakah kelompok lawan telah melaksanakan tugasnya
dengan benar.
4. Kelompok yang menang
adalah kelompok yang melaksanakan tugasnya dengan benar dan cepat ( bila
kelompok dapat meyelesaikan tugasnya sebelum hitungan ke 10 mereka boleh
langsung jongkok untuk menunjukkan bahwa mereka telah selesai melakukan tugas).
- Sebelum
pertandingan di mulai bisa dicoba terlebih dahulu untuk memastikan apakah
aturan mainnya sudah dipahami dengan benar.
Ø
BERCERMIN
Latihan yang menyenangkan ini digunakan
untuk mendiskusikan perasaan dan sikap dalam menuntun dan mengikuti orang lain.
Acara sore yang baik.
Prosedur :
·
Setiap peserta memilih pasangannya dan
berdiri berhadapan dengan tangan ke atas dalam jarak kira-kira sejengkal.
Mereka menirukan gerak pasangannya, layaknya sebuah cermin, demikian bergantian
sesuai dengan keinginan mereka.
·
Untuk putaran kedua, pasangan
meneruskan bercermin, tapi kali ini kedua tangannya bersentuhan dengan lembut.
·
Pada putaran ketiga, mintalah mereka
merapatkan tangan dengan kuat, dan melanjutkan menuntun mengikuti bergantian.
Bahan diskusi :
1. Apa bedanya antara
ketiga pengalaman tadi ?
2. Bagaimana perasaan
anda pada setiap latihan menuntun dan mengikuti tadi ?
3. Adakah persamaan yang
anda temukan dalam hal menuntun dan mengikuti dengan kenyataan sehari-hari?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar