body{display:block; -khtml-user-select:none; -webkit-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; -o-user-select:none; user-select:none; unselectable:on;}

Kamis, 26 Oktober 2017

Riwayat Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad S.A.W lahir pada hari senin tanggal, 12 robiul awwal tahun  gajah atau 571 M. masa kanak-kanak Nabi di susui oleh ibunya Siti Aminah hanya beberapa hari kemudian disusui oleh Tsuaibah anak abu lahab selama 3 hari sesudah itu Nabi di susui oleh seorang pengasuh dari Qobilah bani Sa’ad yang bernama Halima Sadiyah selama 4 tahun. Umur 4 tahun Nabi diserahkan kepada ibunya yang pada suatu saat Siti Aminah mengajak Nabi berziarah kemakam ayahnya Abdullah, di tengah perjalanan ibunya menderita sakit keras dan akhirnya meninggal dan dimakamkan di desa Abwa, masa itu Nabi berumur 6 tahun kemudian Nabi di asuh oleh kakeknya Abdul Mutholib dan dua tahun kemudian kakeknya meninggal, Nabi berumur 8 tahun selanjutnya di asuh pamannya Abu Tholib. Pada umur 12 tahun Nabi di ajak berdagang ke siriya di tengah perjalanan bertemu dengan pendeta dari nasrani yang bernama Buhaeroh. Beliau tahu sifat-sifat nabi bahwa beliau Nabi kelak akan seorang yang mendapatkan wahyu. Pada umur 20 tahun nabi di beri gelar al amin yang berarti “orang yang dapat dipercaya” karena beliaulah perang atau perselisihan antara kaum hijaz dapat dielakan/selesaikan karena menginginkan batu hitam (hajar Aswad) di letakan pada tempatnya.
Umur 25 tahun beliau Nabi menikah dengan seorang janda kaya bernama Siti Khodijah. Yang berumur 40 tahun lebih lebih tua dari pada Nabi, dalam perkawinannya di karunia anak : 1.   Qosim   2.   Zainab   3.   Ruqoyah   4.   Umu Kulsum    5.   Fatimah   6.   Abdullah   dan  7.   Ibrohim. Ibrohim adalah anak nabi pada perkawinannya dengan Mariyah. Nabi mendapat wahyu pada umur 40 tahun, pada wahyu yang pertama yaitu surat Al-Alaq masa itu beliau di beri gelar Nabi dan Rosul Allah SWT.
Nabi Memiliki 4 orang sahabat yang di beri gelar khulafaurrosyidin yaitu ;
1.     Abu Bakar Assiddik
2.     Umar Bin Khottob
3.     Usman Bin Affan
4.     Ali Bin Abi Tholib
Dan sifat-sifat nabi yang perlu di tiru oleh umatnya adalah :

Siddik (jujur), Amanah (dipercaya), Tabligh (Menyampaikan), Fatonah (Cerdas). Nabi meninggal pada hari senin tanggal 12 robihul awwal tahun 11 Hijriyah dalam usia 63 tahun dan beliau di makamkan di madinah. (Masjid Nabawi).

Pelajari pula seputar materi "WAJIBNYA BELAJAR"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar