Sebagian orang mengatakan bahwa KIM adalah kependekan dari Keterampilan Indera Manusia. Sebenarnya KIM adalah nama seorang anak yang pernah dilatih pengamatan Dinas Rahasia Kepolisian India. pertama kali latihan, kemudian KIM dibiarkan selama satu menit memperhatikan piring yang penuh muriara, kemudian KIM memberikan laporan apa yang telah diperhatikan dan dilihat saat itu. Pada pertama kali aa tidak dapat mengingat apa-apa, akan tetapi sesudah latihan berulang-ulang dapatlah ia menguraikan satu persatu mutiara itu. Pemain KIM adalah permainan untuk memperdayakan perhatian. Permainan keterampilan KIM sebagai mana tersebut diatas adalah berasal dari nama seorang yang bernama KIM, yang mau lengkapnya adalah KIMBALL O'HARA.
KIM adalah seorang yang terkenal dan termasyhur dikalangan Dinas Rahasia Kepolisian India. Saat itu, karena sejak kecil sering latihan mengingat sesuatu, KIM sangat berhasil dalam pekerjaanya sebagai mata-mata dan karena itulah ia terkenal dan termasyhur dikalangan ketentaraan Inggris dalam dinas rahasia (Inteligence Service).
Sebagai pengharaan yang besar terhadap Kimball O'hara. Dibuatlah permainan keterampilan yang disebut ..... permainan ..... yang perlu dikembangkan dalam kepramukaan adalah KIM:
1. Pengelihatan
2. Ingatan
3. Pendengaran
4. Penciuman/Bau, dan
5. Perasaan/ rasa/raba.
A. PENGELIHATAN
Adalah bentuk permainan untuk melatih pengelihatan melalui pengamatan.
a)
Warna
Ada
beberapa warna yang ditempel, anggota pramuka melihat, mengamati dengan waktu
tertentu kemudian mengumpulkan/menulis warna apa saja yang baru dilihat.
Contoh KIM Warna
-
Anak-anak Siaga mengamati berbagai warna (media
dapat menggunakan kertas atau tayangan LCD proyektor) selama satu menit.
-
Kemudian anak-anak Siaga mengingata dan menulis
di lembar jawab atau menyebutkan di depan Pembina.
-
Kegiatan ini melatih daya ingat peserta didik
dalam rangka peningkatkan kecerdasan intlektual dan melatih fungsi mata serta
pengenalan warna.
b)
Gambar
Memperhatikan
dua buah gambar serupa tap tidak sama. Pramuka diberi tugas menulis bentuk
bagian gambar apa saja yang tidak sama.
Contoh KIM
Gambar
o
Anak-anak Siaga mengamati gambar serupa tapi tak
sama
o
Kemudian anak-anak Siaga mencari perbedaanya dan
menandai.
o
Kegiatan ini melatih kecermatan pengamatan serta
meningkatkan kecerdasan emosional.
c)
Kata/Huruf
Memperlihatkan
banyakk kata yang ditulis secara acak/tidak teratur/ruwet, sambil mengamati
Pramuka menyebutkan/menulis kata yang bertulis salah/benar
BERIKAN KOMENTAR DONK KAKA SEPUTAR TEORI INI, SUPAYA TERUS DAPAT BERBENAH!
BERIKAN KOMENTAR DONK KAKA SEPUTAR TEORI INI, SUPAYA TERUS DAPAT BERBENAH!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar