body{display:block; -khtml-user-select:none; -webkit-user-select:none; -moz-user-select:none; -ms-user-select:none; -o-user-select:none; user-select:none; unselectable:on;}

Kamis, 22 Februari 2018

KIM (Keterampilan Indera Manusia)

     Sebagian orang mengatakan bahwa KIM adalah kependekan dari Keterampilan Indera Manusia. Sebenarnya KIM adalah nama seorang anak yang pernah dilatih pengamatan Dinas Rahasia Kepolisian India. pertama kali latihan, kemudian KIM dibiarkan selama satu menit memperhatikan piring yang penuh muriara, kemudian KIM memberikan laporan apa yang telah diperhatikan dan dilihat saat itu. Pada pertama kali aa tidak dapat mengingat apa-apa, akan tetapi sesudah latihan berulang-ulang dapatlah ia menguraikan satu persatu mutiara itu. Pemain KIM adalah permainan untuk memperdayakan perhatian. Permainan keterampilan KIM sebagai mana tersebut diatas adalah berasal dari nama seorang yang bernama KIM, yang mau lengkapnya adalah KIMBALL O'HARA.


     KIM adalah seorang yang terkenal dan termasyhur dikalangan Dinas Rahasia Kepolisian India. Saat itu, karena sejak kecil sering latihan mengingat sesuatu, KIM sangat berhasil dalam pekerjaanya sebagai mata-mata dan karena itulah ia terkenal dan termasyhur dikalangan ketentaraan Inggris dalam dinas rahasia (Inteligence Service).

     Sebagai pengharaan yang besar terhadap Kimball O'hara. Dibuatlah permainan keterampilan yang disebut ..... permainan ..... yang perlu dikembangkan dalam kepramukaan adalah KIM:
1.   Pengelihatan
2.   Ingatan
3.   Pendengaran
4.   Penciuman/Bau, dan
5.   Perasaan/ rasa/raba.



A.    PENGELIHATAN

    Adalah bentuk permainan untuk melatih pengelihatan melalui pengamatan.
a)      Warna

Ada beberapa warna yang ditempel, anggota pramuka melihat, mengamati dengan waktu tertentu kemudian mengumpulkan/menulis warna apa saja yang baru dilihat.

Contoh KIM  Warna
-          Anak-anak Siaga mengamati berbagai warna (media dapat menggunakan kertas atau tayangan LCD proyektor) selama satu menit.
-          Kemudian anak-anak Siaga mengingata dan menulis di lembar jawab atau menyebutkan di depan Pembina.
-          Kegiatan ini melatih daya ingat peserta didik dalam rangka peningkatkan kecerdasan intlektual dan melatih fungsi mata serta pengenalan warna.

b)      Gambar
Memperhatikan dua buah gambar serupa tap tidak sama. Pramuka diberi tugas menulis bentuk bagian gambar apa saja yang tidak sama.

Contoh KIM  Gambar
o   Anak-anak Siaga mengamati gambar serupa tapi tak sama
o   Kemudian anak-anak Siaga mencari perbedaanya dan menandai.
o   Kegiatan ini melatih kecermatan pengamatan serta meningkatkan kecerdasan emosional.

c)      Kata/Huruf
Memperlihatkan banyakk kata yang ditulis secara acak/tidak teratur/ruwet, sambil mengamati Pramuka menyebutkan/menulis kata yang bertulis salah/benar


BERIKAN KOMENTAR DONK KAKA SEPUTAR TEORI INI, SUPAYA TERUS DAPAT BERBENAH!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar