1.
|
Pengertian
a.
Instruksi adalah suatu penyampaian pengertian dan
kecakapan kepada orang lain, untuk mencapai tujuan yang di kehendaki
b.
Member dan melaksanakan instruksi tidak hanya
mengutamakan hasil yang di perolehnya, tetapi lebih menitik beratkan pada
latihan penggunaan nalar, pengembangan daya cipta, ketrampilan dan
ketangkasan.
|
|
2.
|
Hal-hal yang mempengaruhi pemberian
istruksi:
a.
Persiapan, meliputi:
1)
Penguasaan bahan
2)
Urutan/sistimatika instruksi
3)
Alat-alat instruksi
b.
Pembangkitan minat terutama pada awal pemberian
instruksi.
c.
Cara penyajian.
d.
.Pengontrolan instruksi
e.
Kesimpulan.
|
|
3.
|
Bagaimana pelaksanaan pemberian instruksi:
Agar
mencapai hasil yang diharapkan, maka diperlukan:
a.
Pemberi instruksi supaya berada di tempat yang jelas.
b.
Jangan memulai instruksi sebelum si penerima keadaannya
tertib.
c.
Bahan yang dipergunakan mudah di mengerti
d.
Suara yang terang, jelas, tidak perlu cepat
e.
Uraiannya tidak terlalu singkat dan tidak terlalu
panjang
f.
Bila perlu dibantu dengan peragaan
g.
Berikan kesempatan bertanya kepada si penerima
instruksi
h.
Bila instruksi diberikan secara tertulis, diberikan
secara sistimatis dan dengan tulisan terang.
i.
Buatlah menarik perhatian si penerima dan usahakan
dapat menyeingkirkan hal-hal yang mengganggu perhatian mereka
j.
Usahakan si penerima dapat menggunakan seluruh
indrannya
k.
Hal-hal yang dianggap penting, pemberi instruksi dapat
memberikan pengulangan-pengulangan.
l.
Berikan kesempatan bagi si penerima instruksi untuk
menyatakan kembali atau mengekspresikan instruksi yang telah di terimanya.
|
|
4.
|
Hal-hal yang perlu diperhatikan:
Berbagai
factor yang ikut menentukan perhatian penerima instruksi adalah: “gaya
pemberi instruksi”. Untuk perlu di perhatikan hal-hal sebagai berikut:
|
|
|
a.
|
Pakaian:
1)
Hendaknya berpakaian lengkap, bersih dan rapih
2)
Hindarilah memakai pakaian yang berpotongan aneh-aneh (tak
wajib)
|
|
b.
|
Berdiri:
1)
Berdirilah di tempat yang jelas
2)
Hindarilah serta kurangilah berjalan mondar-mandir yang
tidak perlu
|
|
c.
|
Mata:
1)
Pandangan mata hendaknya menyeluruh, artinya diarahkan
kepada seluruh yang hadir secara bergantian dan dengan tepat
2)
Jangan memandang kepada seseorang atau tempat tertentu
terlalu lama.
3)
Hindarilah sering melihat jam, memandang kebawah, memandang
ke langit-langit, atau memandang keluar.
|
|
d.
|
Wajah:
Pergunakanlah
tunjukanlah wajah sesuai dengan yang diucapkan (gembira, sedih dan
sebagainya)
Dalam
hal tidak memerlukan penampilan wajah yang cerah, gembira dan sebagainya
perlihatkan wajah yang cerah gembira dan menarik.
|
|
e.
|
Tangan:
Gerak
tangan hendaknya mengikuti maksud masalah yang dibicarakan, jangan
bertentangan maksud, sehingga dapat mengaburkan pengertian. Bila tidak
diperlukan, tidak usah menggunakan gerak tangan. Tunjukanlah tulisan, gambar,
benda yang sedang di bicarakan.
|
|
f.
|
Suara dan Bahasa:
1)
Hendaknya suara cukup jelas dan cukup keras sesuai
dengan besar ruangan dan jumlah pendengar. Dilapangan gunakan suara yang
keras dan jelas.
2)
Gunakan bahasa yang mudah dimengerti jangan
berbelit-belit dan berilah tekanan suara di tempat yang diperlukan.
3)
Bila dipergunakan bahasa asing harus tahu benar
artinya, tahu cara mengucapkannya serta tahu penulisannya secara tepat.
|
|
g.
|
Kebiasaan-kebiasaan:
1)
Hilangkanlah kebiasaan-kebiasaan yang buruk, misalnya
melempar-lempar kapur ke atas, selalu membetulkan baju atau celana dan
sebagainya.
2)
Hilangkan kebiasaan menggunakan kata-kata/suara-suara
tertentu misalnya:
“……….
Eeeeeee………. Eeeeeeee………. Atau “………anu” dan seterusnya.
|
|
h.
|
Sikap Menulis dan Tulisan:
1)
Mulailah menulis dari sebelah kiri atas papan tulis,
menuju kekanan lalu dibwahnya
2)
Tulisan harus jelas dan terlihat oleh seluruh peserta. Bila
perlu untuk meyakinkan bahwa tulisan tersebut terlihat jelas, dapat
ditanyakan kepada peserta paling belakangan dan paling tepi.
|
Senin, 01 Januari 2018
CARA MEMBERIKAN INSTRUKSI
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar